spare part motor

Ini Dia, Komponen Sepeda Motor Yang Memiliki Fungsi Vital


Salah satu moda transportasi yang banyak dipakai di Indonesia adalah sepeda motor. Perkembangan transportasi ini mulai pesat digunakan masyarakat mulai dekade 70-an saat berbagai pabrik motor dari negara asia membanjiri pasar motor. Sepeda motor menjadi transportasi yang digemari warga Indonesia karena alat ini selain dapat dijangkau seluruh lapisan ekonomi masyarakat, juga praktis digunakan. Dengan kontur jalanan Indonesia yang sempit (terutama di wilayah perkampungan), membuat sepeda motor dapat diterima oleh konsumen Indonesia.

Selain harga yang terjangkau, transportasi ini juga memiliki kelebihan lain. Yakni biaya perawatannya yang murah. Hal ini sejalan dengan perekonomian sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih dalam taraf menengah ke bawah. Komponen sepeda motor yang biasanya butuh perawatan lebih adalah tap oli, ganti ban, serta masih banyak lagi.

Namun jangan salah, masih banyak berbagai komponen yang harus Anda tahu dalam spare part motor agar perawatannya dapat dijaga. Untuk itu kami akan berikan beberapa referensi tentang komponen motor agar Anda dapat memahami lebih dalam tentang kendaraan roda dua ini.

1. Kemudi (Steering)

Salah satu komponen dalam sepeda motor adalah steering/kemudi. Komponen ini berfungsi sebagai pengarah jalannya kendaraan. Kerja utama dalam komponen steering yaitu mengarahkan ban depan untuk belok kanan/kiri sesuai arahan pengemudi. Komponen pada steering terdiri dari stang kemudi (handle bar), batang kemudi (steering steam), dan garpu depan (front fork). Selain itu, pada steering sepeda motor juga terdapat fungsi sebagai pengatur gas. Dalam arti lain pada bagian ini terdapat fungsi sebagai kemudi utama jalannya sepeda motor.

2. Rem

Pada dasarnya bagian rem berfungsi sebagai komponen yang dapat memperlambat jalannya kendaraan. Secara umum sistem pengoperasian rem dapat dilakukan dengan cara mekanik, pneumatic, hidrolik, atau kombinasi ketiganya. Namun pada sistem pengereman sepeda motor, pengoperasian yang digunakan hanya rem hidrolik dan rem mekanik.

3. Piston

Piston adalah sumbu geser yang terpasang secara presisi di dalam sebuah silinder. Piston memiliki bentuk seperti silinder. Fungsi dari komponen mesin sepeda motor ini adalah sebagai pembuka tutup jaluran aliran, menekan fluida dalam silinder, atau gabungan dari keduanya. Piston terdorong hasil dari tekanan pembakaran sehingga mesin dapat menggerakkan roda sepeda motor. Piston yang baik dapat memenuhi syarat-syarat seperti tahan terhadap temp[eratur tinggi, sanggup menahan tekanan yang bekerja kepadanya, mudah menghantarkan panas, serta ringan dan kuat.

4. Busi

Busi adalah salah satu bagian dalam sistem pembakaran dalam mesin sepeda motor. Komponen ini memproduksi percikan api, yang secara berurutan membakar campuran udara-bahan bakar dalam silinder mesin. Hasil pembakaran ini nantinya akan mengubah energi kimia menjadi energi kinetik. Hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang memiliki sepeda motor http://www.yamaha-motor.co.id/partscatalogue adalah bila kendaraan ini tidak dapat dinyalakan, salah satu penyebab utamanya bisa pada sistem pembakaran ini. Usahakan cek satu bulan sekali kondisi aki serta busi pada sepeda motor Anda. Karena jika motor tidak dapat menyala, aki dan busi tidak bekerja dan menyebabkan aliran listrik untuk menghasilkan percikan api tak akan bisa berjalan.

5. Knalpot

Knalpot adalah sebuah komponen dari sepeda motor yang terletak di bagian luar bodi utama. Kegunaan komponen ini yakni sebagai tempat pembuangan hasil pembakaran oleh mesin utama sepeda motor. Dengan perkembangan zaman, banyak konsumen yang sengaja menyetel kembali knalpot pada motornya. Penggunaan knalpon non-standar ini sebenarnya dapat menyebabkan terjadinya kerja lebih pada mesin pembakaran. Hal itu akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar (bensin) hingga performa mesin yang menurun. Untuk itu disarankan agar tetap memakai knalpot yang sesuai dengan standar merk produk sepeda motornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *